Senin, 28 Januari 2013

WORKSHOP

PEMBUKAAN WORKSHOP

Drs. HADI SUNARYO, M.Pd SEBAGAI NARA SUMBER























PESERTA WORKSHOP LAGI FOKUS MENYIMAK MATERI
SERIUS PRAKTIK MEMBUAT PERANGKAT PEMBELAJARAN

SERIUS PRAKTIK MEMBUAT PERANGKAT PEMBELAJARAN
USTADZ KY ALI MUSTHOFA PRAKTIK MEMBUAT PERANGKAT
SERIUS PRAKTIK MEMBUAT PERANGKAT PEMBELAJARAN
SERIUS PRAKTIK MEMBUAT PERANGKAT PEMBELAJARAN

SERIUS PRAKTIK MEMBUAT PERANGKAT PEMBELAJARAN




WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI  
DAN PROFESIONALITAS GURU DALAM RANGKA 
PERSIAPAN AKREDITASI 
MADRASAH NURUL QUR'AN TAHUN 2014
1.       Latar Belakang
 Permasalahan mutu pendidikan tidak berdiri sendiri, akan tetapi terkait dengan suatu sistem yang saling berpengaruh. Mutu keluaran dipengaruhi oleh mutu masukan” dan mutu proses. Mutu masukan dalam arti kesiapan murid dalam mendapatkan kesempatan pendidikan. Kenyataannya, banyak murid yang tingkat kesiapannya belum memadai untuk menerima proses pembelajaran, baik karena faktor gizi, kesehatan, prilaku negatif dan faktor-faktor tidak kondusif bagi pendidikan. Pada era globalisasi sekarang ini, persaingan yang sangat tajam terus terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, baik ditingkat domestik maupun ditingkat internasional / global. Agar sekolah dapat bertahan hidup dan berkembang dengan pesat, maka sekolah/sadrasah harus mampu menghasilkan lulusan dengan mutu dan kualitas yang lebih baik,.
Kondisi demikian mempunyai arti yang sangat penting, bahwa sebuah institusi pendidikan (sekolah/madrasah) sebagai institusi yang mempersiapkan kualitas SDM ( Sumber Daya Manusia ) yang handal untuk tampil di pentas persaingan global dalam segmen pasar yang telah dipilih harus mampu mencapai tingkat mutu dari segala aspek, seperti mutu sumber daya manusia (guru) yang memiliki kompetensi tinggi dan mampu bekerja secara profesional, proses belajar mengajar yang menyenangkan, dan hal-hal yang terkait dengan dunia pendidikan sehingga mampu memikat masyarakat. Di era ini sudah menjadi sebuah keniscayaan bagi setiap sekolah/madarsah untuk mampu menghasilkan peserta didik berkualitas yang mampu survive di pentas kompetisi global. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan tersebut, maka diperlukan serangkaian upaya-upaya perbaikan mutu pada semua aspek, baik berkaitan dengan sarana-prasarana, SDM guru, fasilitas, proses belajar mengajar yang mampu memenuhi karakteristik; menggunakan pendekatan pembelajaran belajar aktif (Student active learning), pembelajaran kooperatif dan kolaboratif, pembelajaran konstruktif, dan pembelajaran tuntas (mastery learning).
Untuk keberhasilan pengembangan mutu di atas, memerlukan pemikiran dan aktifitas yang tidak mudah. Hal ini memerlukan sebuah komitmen dan kerjasama yang baik antara departemen yang terkait, baik pusat maupun daerah serta institusi pendidikan setempat sebagai pihak yang memiliki kedekatan hubungan secara langsung dengan masyarakat. Oleh karena itu, untuk mewujudkan mutu yang baik diperlukan adanya kejelasan secara sistemik dalam memberikan kewenangan antar institusi terkait. Jika manajemen ini diterapkan sesuai dengan ketentuan yang ada dengan segala dinamika fleksibilitasnya, maka akan menjadi perubahan yang efektif bagi pengembangan dan peningkatan mutu dan mutu pendidikan nasional. Munculnya konsep workshop peningkatan kompetensi guru dalam rangka persiapan akreditasi madrasah 2014 adalah  menjadikan sebuah  langkah maju dalam dunia pendidikan dalam upaya melakukan perbaikan-perbaikan mutu. Hal ini di laksanakan sebagai konsep manajemen dalam dunia pendidikan. Penerapan manajemen mutu dalam pendidikan ini lebih popular dengan sebutan “Total Quality Education” (TQE). Secara filosofis, konsep ini menekankan pada guru secara konsisten terhadap perbaikan yang berkelanjutan untuk mencapai pendidikan di sekolah/madrasah yang bekualitas dan bermutu. Oleh karena itu, dipandang perlu untuk mengadakan workshop peningkatan kompetensi guru dalam rangka persiapan akreditasi madrasah 2014,  agar supaya para guru dan stake holder pendidikan untuk memperoleh satu pemahaman yang komprehensif tentang Peningkatan Kompetensi Guru, sehingga kedepan konsep ini mampu diimplementasikan di masing-masing lembaga sekolah/madarsah dalam upaya peningkatan kualitas mutu pendidikan di Indonesia pada umumnya dan di masing-masing lembaga pada khususnya.
2.      Tujuan
Berangkat dari latar belakang tersebut, Workshop ini bertujuan untuk:
1.     Meningkatkan kualitas dan profesionalitas guru
2.   Menciptakan komitmen yang tinggi bagi para guru dalam mengelola dan mengembangkan kualitas pendidikan di Sekolah/madrasah.
3.   Memberikan pemahaman yang komprehensif tentang Peningkatan Kompetensi Guru dan sekaligus implementasinya dalam lembaga pendidikan (sekolah/madrasah).
3.      Target
Dari Workshop ini, diharapkan dapat menghasilkan beberapa kontribusi sebagai berikut:
1.      Terciptanya tenaga pendidik yang professional
2.      Terwujudnya komitmen para guru dalam mengelola dan mengembangkan kualitas pendidikan
3.   Tercapainya pemahaman secara komprehensif tentang konsep Peningkatan Kompetensi Guru dan implementasinya di lembaga pendidikan.
4.      Tema
WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI DAN PROFESIONALITAS GURU DALAM RANGKA PERSIAPAN AKREDITASI MADRASAH NURUL QUR'AN TAHUN 2014.
5.      Sasaran
Sasaran kegiatan ini adalah:
1.      Guru MTs, MA Nurul Qur’an Tegalwero Pucakwangi Pati
2.      Stake holder pendidikan
6.      Waktu dan Tempat Pelaksanaan  
Kegiatan ini dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal   :     Sabtu s/d  Minggu  / 22 s/d 23 Desember 2012
Tempat           :    AULA MTs NURUL QUR’AN TEGALWERO PUCAKWANGI PATI
7.      Sumber Dana
Pendanaan kegiatan ini bersumber dari anggaran Madrasah ( RKM ) 2012.
8.      Jenis Kegiatan
Kegiatan ini berbentuk Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) yang diberikan kepada para Guru MTs, MA di lingkungan Madrasah Nurul Qur’an Tegalwero Pucakwangi.
9.      Susunan Panitia
SUSUNAN PANITIA WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI DAN PROFESIONALITAS GURU DALAM RANGKA PERSIAPAN AKREDITASI 
MADRASAH NURUL QUR'AN TAHUN 2014

NO.
NAMA
TUGAS DALAM JABATAN
1
a.    Drs. H. Moh. Yasin, AH.
Penanggungjawab
b.    Parjo, S.Ag, MA.
Penanggungjawab
2
a.     Widyatmoko, S.Pd
Ketua I
b.    Nurkayah, S.Pd
Ketua II
3
a.     Moh. Kholisudin, S.Pd
Sekretaris I
b.    Teguh Pramono, S.Pd.I
Sekretaris II
4
a.     Hj.Hanik R, S.Ag
Bendahra I
b.    Abdul Salam, S.Pd.I
Bendahara II
5
a.     Sudiyanto, S.Pd
Seksi Perlengkapan
b.    Abdul Rozak
Seksi Perlengkapan
c.     Abdul Khozem, S.Pd.I
Seksi Perlengkapan
d.    Luluk Suharto
Seksi Perlengkapan
6
a.    Ummi Nur S, S.Pd
Konsumsi
b.    Indah S, S.Pd
Konsumsi
c.    Syamsiyah, S.pd
Konsumsi
d.   Luluk Siti F, A.Ma
Konsumsi
7
a.   Febrika, S.Pd
Dekdok
b.   Paradika, S.Pd
Dekdok
8
a.   Suparnno, S.Pd
Pembawa Acara
b.   Kharisun, S.Pd
Pembawa Acara

10.  Estimasi Dana
REKAPITULASI ANGGARAN WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI DAN PROFESIONALITAS GURU DALAM RANGKA PERSIAPAN AKREDITASI MADRASAH 2014




NO,
URAIAN
JUMLAH
I
1.      Transport narasumber
Rp.
                          400.000,00

2.      Transport yayasan
Rp.
                          200.000,00
3.      Transport peserta
Rp.
                       2.200.000,00



II
Konsumsi hari 1 ( satu )
Rp.


1.      Snack
Rp.
                          300.000,00
2.      Makan siang peserta
Rp.
                          790.000,00
3.      Prasmanan nara sumber
Rp.
                          150.000,00
4.      Coffe break
Rp.
                         150.000,00
5.      Aqua
Rp.
                            80.000,00



III
Konsumai hari 2 ( dua )
Rp.


1.      Snack
Rp.
                          200.000,00
2.      Makan siang
Rp.
                          300.000,00
3.      Coffe break
Rp.
                          150.000,00
4.      Aqua
Rp.
                            80.000,00



IV
Dekdok
Rp.
                         300.000,00
Perlengkapan
Rp.
                         700.000,00
JUMLAH TOTAL
Rp.
                       6.000.000,00
11.  Penutup
Demikian proposal ini dibuat, dengan harapan dapat berjalan dengan sukses tanpa ada hambatan yang berarti. Atas pertisipasi dan kerjasama yang baik, kami ucapkan terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar