PEMBUKAAN WORKSHOP |
Drs. HADI SUNARYO, M.Pd SEBAGAI NARA SUMBER |
PESERTA WORKSHOP LAGI FOKUS MENYIMAK MATERI |
SERIUS PRAKTIK MEMBUAT PERANGKAT PEMBELAJARAN |
SERIUS PRAKTIK MEMBUAT PERANGKAT PEMBELAJARAN |
USTADZ KY ALI MUSTHOFA PRAKTIK MEMBUAT PERANGKAT |
SERIUS PRAKTIK MEMBUAT PERANGKAT PEMBELAJARAN |
SERIUS PRAKTIK MEMBUAT PERANGKAT PEMBELAJARAN |
SERIUS PRAKTIK MEMBUAT PERANGKAT PEMBELAJARAN |
WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI
DAN PROFESIONALITAS GURU DALAM RANGKA
PERSIAPAN AKREDITASI
DAN PROFESIONALITAS GURU DALAM RANGKA
PERSIAPAN AKREDITASI
MADRASAH
NURUL QUR'AN TAHUN 2014
1.
Latar Belakang
Permasalahan mutu pendidikan tidak berdiri sendiri, akan
tetapi terkait dengan suatu sistem yang saling berpengaruh. Mutu keluaran
dipengaruhi oleh mutu ”masukan”
dan mutu proses. Mutu masukan dalam arti kesiapan murid dalam mendapatkan
kesempatan pendidikan. Kenyataannya, banyak murid yang tingkat kesiapannya
belum memadai untuk menerima proses pembelajaran, baik karena faktor gizi,
kesehatan, prilaku negatif dan faktor-faktor tidak kondusif bagi pendidikan. Pada era globalisasi sekarang ini,
persaingan yang sangat tajam terus terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, baik ditingkat
domestik maupun ditingkat internasional / global.
Agar sekolah dapat bertahan hidup dan berkembang dengan pesat, maka sekolah/sadrasah harus mampu menghasilkan lulusan
dengan mutu dan kualitas yang lebih baik,.
Kondisi
demikian mempunyai arti yang sangat penting, bahwa sebuah institusi pendidikan
(sekolah/madrasah) sebagai institusi yang
mempersiapkan kualitas SDM ( Sumber Daya Manusia ) yang handal untuk tampil di pentas
persaingan global dalam segmen pasar yang telah dipilih harus mampu mencapai
tingkat mutu dari segala aspek, seperti mutu sumber daya manusia (guru) yang
memiliki kompetensi tinggi dan mampu bekerja secara profesional, proses belajar
mengajar yang menyenangkan, dan hal-hal yang terkait dengan dunia pendidikan
sehingga mampu memikat masyarakat. Di era ini sudah menjadi sebuah keniscayaan
bagi setiap sekolah/madarsah
untuk mampu menghasilkan peserta didik berkualitas yang mampu survive di pentas
kompetisi global. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan tersebut, maka
diperlukan serangkaian upaya-upaya perbaikan mutu pada semua aspek, baik
berkaitan dengan sarana-prasarana, SDM guru, fasilitas, proses belajar mengajar
yang mampu memenuhi karakteristik; menggunakan pendekatan pembelajaran belajar
aktif (Student active learning), pembelajaran kooperatif dan
kolaboratif, pembelajaran konstruktif, dan pembelajaran tuntas (mastery
learning).
Untuk
keberhasilan pengembangan mutu di atas, memerlukan pemikiran dan aktifitas yang
tidak mudah. Hal ini memerlukan sebuah komitmen dan kerjasama yang baik antara
departemen yang terkait, baik pusat maupun daerah serta institusi pendidikan
setempat sebagai pihak yang memiliki kedekatan hubungan secara langsung dengan
masyarakat. Oleh karena itu, untuk mewujudkan
mutu yang baik diperlukan adanya kejelasan secara sistemik dalam memberikan
kewenangan antar institusi terkait. Jika manajemen ini diterapkan sesuai dengan
ketentuan yang ada dengan segala dinamika fleksibilitasnya, maka akan menjadi
perubahan yang efektif bagi pengembangan dan peningkatan mutu dan mutu
pendidikan nasional. Munculnya konsep workshop peningkatan
kompetensi guru dalam rangka persiapan akreditasi madrasah 2014 adalah menjadikan sebuah langkah maju dalam dunia pendidikan dalam
upaya melakukan perbaikan-perbaikan mutu. Hal ini di laksanakan sebagai konsep manajemen dalam
dunia pendidikan.
Penerapan manajemen mutu dalam pendidikan ini lebih popular dengan sebutan “Total
Quality Education” (TQE). Secara filosofis, konsep ini menekankan pada guru secara konsisten terhadap perbaikan
yang berkelanjutan untuk mencapai pendidikan di sekolah/madrasah yang
bekualitas dan bermutu. Oleh
karena itu, dipandang perlu untuk mengadakan workshop peningkatan kompetensi
guru dalam rangka persiapan akreditasi madrasah 2014, agar supaya para guru dan stake holder
pendidikan untuk memperoleh satu pemahaman yang komprehensif tentang Peningkatan
Kompetensi Guru, sehingga kedepan konsep ini mampu diimplementasikan di
masing-masing lembaga sekolah/madarsah dalam upaya peningkatan kualitas mutu
pendidikan di Indonesia pada umumnya dan di masing-masing lembaga pada
khususnya.
2.
Tujuan
Berangkat dari latar belakang
tersebut, Workshop
ini bertujuan untuk:
1. Meningkatkan kualitas dan
profesionalitas guru
2. Menciptakan komitmen yang tinggi
bagi para guru dalam mengelola dan mengembangkan kualitas pendidikan di Sekolah/madrasah.
3. Memberikan pemahaman yang
komprehensif tentang Peningkatan Kompetensi Guru dan sekaligus implementasinya dalam lembaga pendidikan
(sekolah/madrasah).
3.
Target
Dari Workshop ini, diharapkan dapat menghasilkan
beberapa kontribusi sebagai berikut:
1. Terciptanya tenaga pendidik yang
professional
2. Terwujudnya komitmen para guru dalam
mengelola dan mengembangkan kualitas pendidikan
3. Tercapainya pemahaman secara komprehensif tentang konsep
Peningkatan
Kompetensi Guru
dan implementasinya di lembaga pendidikan.
4.
Tema
WORKSHOP
PENINGKATAN KOMPETENSI DAN PROFESIONALITAS GURU DALAM RANGKA PERSIAPAN AKREDITASI MADRASAH NURUL QUR'AN TAHUN 2014.
5.
Sasaran
Sasaran
kegiatan ini adalah:
1. Guru MTs, MA Nurul Qur’an
Tegalwero Pucakwangi
Pati
2. Stake holder pendidikan
6.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Kegiatan
ini dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal : Sabtu s/d Minggu / 22 s/d
23 Desember 2012
Tempat : AULA MTs NURUL
QUR’AN TEGALWERO PUCAKWANGI PATI
7.
Sumber Dana
Pendanaan kegiatan ini bersumber
dari anggaran Madrasah ( RKM ) 2012.
8.
Jenis Kegiatan
Kegiatan ini berbentuk Pendidikan
dan Pelatihan (Diklat) yang diberikan kepada para Guru MTs, MA di lingkungan Madrasah Nurul
Qur’an Tegalwero Pucakwangi.
9.
Susunan Panitia
SUSUNAN PANITIA WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI DAN PROFESIONALITAS GURU DALAM
RANGKA PERSIAPAN AKREDITASI
MADRASAH NURUL QUR'AN TAHUN 2014
NO.
|
NAMA
|
TUGAS DALAM
JABATAN
|
1
|
a.
Drs. H. Moh. Yasin, AH.
|
Penanggungjawab
|
b.
Parjo, S.Ag, MA.
|
Penanggungjawab
|
|
2
|
a.
Widyatmoko, S.Pd
|
Ketua I
|
b.
Nurkayah, S.Pd
|
Ketua II
|
|
3
|
a.
Moh. Kholisudin, S.Pd
|
Sekretaris I
|
b.
Teguh Pramono, S.Pd.I
|
Sekretaris II
|
|
4
|
a.
Hj.Hanik R, S.Ag
|
Bendahra I
|
b.
Abdul Salam, S.Pd.I
|
Bendahara II
|
|
5
|
a.
Sudiyanto, S.Pd
|
Seksi Perlengkapan
|
b.
Abdul Rozak
|
Seksi
Perlengkapan
|
|
c.
Abdul Khozem, S.Pd.I
|
Seksi
Perlengkapan
|
|
d.
Luluk Suharto
|
Seksi
Perlengkapan
|
|
6
|
a.
Ummi Nur S, S.Pd
|
Konsumsi
|
b.
Indah S, S.Pd
|
Konsumsi
|
|
c.
Syamsiyah, S.pd
|
Konsumsi
|
|
d.
Luluk Siti F, A.Ma
|
Konsumsi
|
|
7
|
a.
Febrika, S.Pd
|
Dekdok
|
b.
Paradika, S.Pd
|
Dekdok
|
|
8
|
a.
Suparnno,
S.Pd
|
Pembawa Acara
|
b.
Kharisun,
S.Pd
|
Pembawa Acara
|
10.
Estimasi Dana
REKAPITULASI ANGGARAN WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI DAN PROFESIONALITAS GURU DALAM RANGKA PERSIAPAN AKREDITASI MADRASAH 2014
|
|||
NO,
|
URAIAN
|
JUMLAH
|
|
I
|
1.
Transport narasumber
|
Rp.
|
400.000,00
|
2.
Transport yayasan
|
Rp.
|
200.000,00
|
|
3.
Transport peserta
|
Rp.
|
2.200.000,00
|
|
II
|
Konsumsi hari 1 ( satu )
|
Rp.
|
|
1.
Snack
|
Rp.
|
300.000,00
|
|
2.
Makan siang peserta
|
Rp.
|
790.000,00
|
|
3.
Prasmanan nara sumber
|
Rp.
|
150.000,00
|
|
4.
Coffe break
|
Rp.
|
150.000,00
|
|
5.
Aqua
|
Rp.
|
80.000,00
|
|
III
|
Konsumai hari 2 ( dua )
|
Rp.
|
|
1.
Snack
|
Rp.
|
200.000,00
|
|
2.
Makan siang
|
Rp.
|
300.000,00
|
|
3.
Coffe break
|
Rp.
|
150.000,00
|
|
4.
Aqua
|
Rp.
|
80.000,00
|
|
IV
|
Dekdok
|
Rp.
|
300.000,00
|
Perlengkapan
|
Rp.
|
700.000,00
|
|
JUMLAH TOTAL
|
Rp.
|
6.000.000,00
|
11.
Penutup
Demikian
proposal ini dibuat, dengan harapan dapat berjalan dengan sukses tanpa ada
hambatan yang berarti. Atas pertisipasi dan kerjasama yang baik, kami ucapkan terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar